4 Rekomendasi Buku Bacaan Ringan untuk Memulai Bisnis

Seseorang yang memutuskan untuk menjadi pengusaha membutuhkan banyak persiapan, salah satunya haruslah banyak pengetahuan. Mengapa hal ini penting? Karena  kunci utama dalam berbisnis di antaranya adalah dengan terus berinovasi dan melahirkan ide-ide baru. Semua hal tersebut bisa didapatkan dengan terus mencari pengetahuan-pengetahuan baru, salah satunya dengan membaca buku. Pada artikel kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa buku bacaaan yang dapat membantu DS Partner dalam memulai bisnis reseller. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

  1. “Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng!” 

Seorang pengusaha membutuhkan mental yang kuat serta motivasi agar dalam menjalani bisnis tidak gampang goyah dan tidak jatuh ke jurang kegagalan—di mana akhirnya memilih untuk menyerah dan tidak mau bangkit lagi. Buku Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng! karya Akbar Kaelola ini bisa jadi amunisi ampuh untuk membangun mental, mencari inspirasi dan motivasi, serta mendapatkan ilmu yang sangat berguna soal dunia bisnis.

Buku ini terdiri dari 7 bab. Masing-masing bab berisi soal masalah-masalah  yang kerap dialami oleh para pengusaha, seperti tidak adanya modal kerja, networking, takut sukses, tak punya nyali, bagaimana memulai bisnis, tidak berani bermimpi besar, bagaimana memanfaatkan pertemanan untuk menangguk untung dalam berbisnis, kisah para karyawan yang jadi bos, jatuh bangun membuka bisnis, apa saja keuntungan menjadi orang kaya, menetapkan ke mana perjalanan bisnis, dll.

Dibawakan dengan sangat ringan serta bahasa yang mudah dicerna, membaca buku ini seperti merasakan sebuah petualangan, sebab di dalamnya akan disajikan kisah-kisah menarik bagaimana para pengusaha terkenal baik internasional maupun nasional jatuh bangun dalam menjalankan bisnis mereka.

  1. “This is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat”

Seth Godin adalah seorang pakar marketing, pengusaha, penulis, serta pembicara asal Amerika Serikat. Ia telah mengajar dan menginspirasi jutaan pengusaha, pemasar, pemimpin, dan penggemar dari segala bidang kehidupan lewat blog, kursus online, kuliah, dan buku terlaris yang ditulisnya—salah satunya berjudul This Is Marketing: You Can’t be Seen Until You Learn To See yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Buku ini tidak hanya mengajarkan apa arti sesungguhnya sebuah pemasaran, tetapi juga menunjukkan fondasi tentang bagaimana seorang pengusaha memasarkan produknya. Pendekatan yang dilakukan Seth Godin dalam buku ini mengubah para pembacanya dalam melihat sebuah pemasaran, penjualan, serta periklanan. Pada bagian akhir buku ini, Seth Godin menyajikan lembar kerja sederhana dalam memulai bisnis. Ia juga menyajikan daftar rekomendasi bacaan soal bisnis lainnya. Jadi ketika Anda membaca buku ini, Anda tidak hanya mendapatkan ilmu dari satu sumber, tetapi sekaligus banyak rekomendasi ilmu lainnya, sepertinya halnya peribahasa yang berbunyi: sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui

  1. “Rich Dad Poor Dad”

Menjadi seorang pengusaha selain harus mempersiapkan mental yang kuat, paham soal pemasaran, juga harus ‘melek keuangan’. Bicara soal finansial, buku Rich Dad Poor Dad karya Robert T. Kiyosaki ini  cenderung mengarahkan para pembacanya untuk mengubah pola pikir dan menciptakan sebuah kesadaran akan pentingnya peka pada finansial di zaman yang semakin canggih ini. 

Rich Dad Poor Dad dimulai dari cerita pengalaman pribadi sang penulis, Robert dalam kerja kerasnya menjadi seorang yang kaya.  Dalam usahanya tersebut, kedua ayahnya—Rich Dad dan Poor Dad—-berperang dengan sangat kuat dalam memengaruhi pola pikirnya dalam memandang sebuah uang. Uniknya, sebutan untuk Poor Dad—yang merupakan ayah kandungnya adalah seorang Ayah yang menyandang gelar Ph.D, dan bekerja di sebuah kantor pemerintahan. Akan tetapi, sayangnya mengalami kendala keuangan. Sedangkan, Rich Dad tidak pernah menuntaskan pendidikan SMP, tetapi mempunyai usaha atau bisnis di bidang retail.

Buku yang juga telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia ini akan mengajak DS Partner untuk melihat realitas yang terjadi di masyarakat. Selain mengajarkan mengenai literasi keuangan pribadi, buku ini juga memperlihatkan bagaimana cara “menciptakan” uang dalam membangun bisnis sendiri.

  1. “The One Minute Manager”

Seseorang yang memulai usaha, mungkin pada awalnya—tidak mustahil—dapat melakukan semuanya sendiri, tetapi ketika usaha yang dibangun sudah semakin berkembang, pasti akan membutuhkan tim untuk meringankan beban kerja serta menjadikan bisnisnya lebih efisien dijalankan. Namun, Tidak jarang seorang pemilik usaha mengalami kesulitan dalam memanage sumber daya manusia yang ia pimpin. 

The One Minute Manager karya Ken Blanchard, Pat, dan Drea Zigarmi ditulis sebagai perumpamaan, menceritakan kisah tentang seorang pengusaha yang belajar dari One Minute Manager; yaitu tentang bagaimana mengeluarkan performa terbaik dari suatu tim yang beragam dengan menjadi pemimpin yang situasional. One Minute Manager juga menuliskan rumusan SMART yang telah kami tulis di artikel sebelumnya.

Membaca buku ini bukan hanya akan menuntun DS Partner dalam manajemen berbisnis, tetapi soal bagaimana manajemen kehidupan. Buku ini memberikan tips dalam bekerja yang sangat bermanfaat.

Empat buku yang telah ditulis di atas memberikan masing-masing hal yang dibutuhkan pengusaha dalam membangun bisnis, yaitu; motivasi, pemasaran, finansial, dan juga kepemimpinan. Tentu, selain membaca, DS Partner juga tidak boleh berhenti untuk mempraktikkan ilmu-ilmu yang telah didapat dalam usaha yang sedang dirintis.

By Unsa Qoyimah – 05/11/2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.