10 Isi Seserahan Pernikahan untuk Wanita yang Harus Ada

seserahan pernikahan
Kira-kira, apa saja untuk seserahan pernikahan?  Untuk kamu yang sebentar lagi akan menikah, yuk, kita simak apa saja isi seserahan nikah di bawah ini! Seperti yang kamu ketahui, pemberian seserahan merupakan tradisi yang selalu ada dalam pernikahan di Indonesia. Di hari pernikahan, biasanya barang-barang seserahan akan dibawa oleh keluarga pihak pria untuk diserahkan kepada calon mempelai wanita.  Bagi para perempuan, menyiapkan seserahan pernikahan mungkin merupakan bagian yang menyenangkan. Sebab, di sinilah mereka bisa memilih benda-benda apa saja yang diinginkan.  Namun, yang perlu diingat dari seserahan nikah adalah hal ini tidak boleh sampai memberatkan pihak pria. Selain itu, pilihlah barang-barang yang memang akan digunakan dalam kehidupan setelah menikah nanti.

Apa Saja Seserahan Pernikahan?

“Apa aja buat seserahan nikah?” Mungkin pertanyaan itu kerap terbesit bagi para calon mempelai yang sedang mempersiapkan pernikahan. Apalagi, seserahan nikah dalam tradisi Indonesia memiliki makna tersendiri. Makna seserahan pernikahan adalah sebagai simbol bahwa calon suami bersedia untuk sanggup mencukupi kehidupan calon istri yang akan dipinangnya. Jadi, barang-barang seserahan yang dibawa bukan hanya sekadar sesuai keinginan mempelai wanita, tapi juga memiliki makna serta doa untuk kehidupan sejahtera bagi keduanya. Untukmu yang masih bingung apa saja seserahan untuk pernikahan, simak di bawah ini, yuk!

1. Perlengkapan ibadah

Bagi pengantin beragama islam, seserahan pernikahan berupa peralatan ibadah pasti selalu ada. Biasanya, seperangkat perlengkapan ibadah terdiri dari mukena, sajadah, tasbih, dan kitab suci Alquran. perlengkapan ibadah seserahan Seserahan pernikahan berupa peralatan ibadah ini menjadi pengingat bahwa kedua mempelai harus selalu ingat akan agama dan kewajibannya. Selain itu, seserahan ini juga memiliki makna bahwa mempelai pria siap menjadi imam bagi mempelai wanita dalam hidupnya.

2. Perhiasan untuk Seserahan Pernikahan

Isi seserahan pernikahan yang selalu ada selanjutnya adalah perhiasan. Biasanya, perhiasan yang diberikan oleh mempelai wanita adalah kalung, cincin, dan sepasang anting. Namun, tentunya hal ini bisa dibicarakan oleh kedua mempelai dan tidak memberatkan pihak pria. seserahan perhiasan pernikahan Perhiasan juga kerap dijadikan sebagai mahar untuk mempelai wanita dari pengantin pria. Seserahan berupa perhiasan juga bisa memberi makna bahwa sang mempelai wanita akan selalu bercahaya bak perhiasan yang memesona.

3. Skincare

Skincare juga merupakan salah satu isi seserahan pernikahan yang tak ketinggalan.  Seserahan berupa skincare memberikan makna bahwa pengantin perempuan akan senantiasa merawat diri dan tampil mempesona di depan suami. Selain itu, seserahan ini juga memberi simbol bahwa laki-laki bersedia mencukupi kebutuhan perempuannya dalam merawat diri. Isi rangkaian skincare pun tergantung oleh mempelai wanita, apalagi kini pilihan skincare sangat beragam sesuai kebutuhan kulit. Lebih baik pilihlah produk skincare yang memang benar-benar cocok dan akan dipakai nantinya agar tidak mubazir. Jika bingung, kamu bisa pilih rangkaian skincare untuk seserahan pernikahan seperti berikut ini:
  1. Face wash
  2. Toner
  3. Moisturizer
  4. Sunscreen
  5. Serum/Essence
  6. Eye cream
  7. Masker kecantikan
Untuk produk ataupun mereknya sesuaikan dengan kecocokan kulitmu agar benar-benar digunakan, ya!

4. Bodycare/Toiletries

Tak hanya skincare untuk wajah, perlengkapan perawatan tubuh juga menjadi isi dari seserahan pernikahan. Seserahan ini biasanya berisikan bodycare dan atau kebutuhan primer peralatan mandi, seperti sabun mandi, shampo, conditioner, pasta gigi, handuk, sikat gigi, dan lainnya. Sesuaikanlah rangkaian bodycare dan perlengkapan mandi sesuai dengan yang dibutuhkan. Tentunya lebih baik pilihlah produk yang biasa digunakan oleh mempelai wanita, ya!

5. Makeup

Isi seserahan pernikahan yang satu ini mungkin yang paling dinantikan oleh mempelai wanita, yaitu make up!  Nabi Muhammad SAW pun menganjurkan agar perempuan senantiasa mempercantik diri untuk suaminya. Rasulullah SAW bersabda: Jika dipandang (suami) ia menyenangkan, jika diperintah ia taat, dan ia tidak menyelisihi suaminya dalam perkara-perakara yang dibencinya, baik dalam diri maupun harta.” (HR. Ahmad). Ya, selain digemari oleh para wanita, itulah mengapa perlengkapan kecantikan menjadi salah satu yang harus ada dalam isi seserahan pernikahan. Jika kamu bingung untuk memilihnya, rangkaian makeup di bawah ini bisa jadi pilihan:
  1. Complexion (bedak, foundation, concealet)
  2. Eyeshadow pallete
  3. Blush on
  4. Mascara
  5. Eyeliner
  6. Brush set
  7. Setting spray
Sekali lagi, pilihlah produk yang benar-benar akan dipakai nantinya dan jangan sampai memberatkan pihak pria.

6. Pakaian yang Cocok untuk Seserahan Pernikahan

Dalam pernikahan, calon suami artinya bersedia menafkahi calon istri secara sandang, pangan, dan papan. Itulah mengapa biasanya pakaian menjadi salah satu isi seserahan yang diberikan pihak laki-laki kepada mempelai perempuan.  seserahan pakaian pernikahan Makna lainnya dalam seserahan berupa pakaian adalah, ibaratkan istri kelak adalah pakaian sang suami. Artinya, istri harus bisa turut menutupi kekurangan yang ada pada diri suami. Pakaian untuk seserahan biasanya berupa baju yang akan bermanfaat untuk digunakan. Misalnya, baju tidur, pakaian kerja, lingerie, dan lainnya sesuai keinginan perempuan. Tentunya kamu bisa mendiskusikan ini bersama-sama.

7. Pakaian Dalam

Walau sensitif, pakaian dalam merupakan salah satu isi seserahan yang tak pernah ketinggalan dalam pernikahan tradisi Indonesia, lho! Tentunya pakaian dalam tersebut sesuai dengan pilihan mempelai wanita. Jika malu untuk beli bersama, biasanya calon suami akan menyerahkan uangnya saja ke calon istri untuk dibeli sendiri sesuai keinginannya. Kini sudah banyak juga, kok, jasa hias seserahan yang bisa membentuk seserahan pakaian dalam hingga tampak unik dan tak terlalu terpampang jelas.

8. Tas

Isi seserahan nikah yang biasanya ada dalam tradisi pernikahan adalah tas. Untuk jenis tasnya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan calon mempelai wanita. Namun, jangan lupa juga pertimbangkan kesanggupan pihak pria. Memilih model tas lebih dari satu atau brand tertentu boleh-boleh saja asal tidak memberatkan dan memang akan digunakan nantinya.

9. Sepatu

Sepatu merupakan salah satu bentuk seserahan yang juga memiliki maknanya tersendiri. Sepatu dalam seserahan seakan memberikan tanda bahwa kedua mempelai siap menjajaki kehidupan bersama dan saling melengkapi satu sama lain. Beberapa calon pengantin ada yang memilih berbagai jenis sepatu untuk seserahannya. Mulai dari sepatu heels, sepatu kets, sepatu sandal, dan lainnya. Namun, tak ada salahnya juga untuk memilih salah satu jenis sepatu. Tentu hal ini bisa disesuaikan dengan keinginan calon mempelai wanita dan diskusi bersama. Pastikanlah sepatu tersebut memang akan digunakan nantinya.

10. Makanan

Seserahan nikah yang terakhir adalah makanan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, seserahan menjadi simbol bahwa calon suami siap menafkahi sandang, pangan, papan. Sudah pasti makanan menjadi salah satu kebutuhan pokoknya. Umumnya, seserahan makanan yang diberikan berupa kue tradisional, roti, atau disesuaikan dengan tradisi adatnya masing-masing. Ada pula tradisi yang menyarankan makanan lengkep sebagai harapan bahwa rumah tangga kedua mempelai akan selalu harmonis. Itulah 10 isi seserahan nikah yang biasanya ada dalam tradisi pernikahan Indonesia. Walau terlihat banyak, isi seserahan tetap bisa disesuaikan, kok, dengan diskusi bersama dan tak perlu memberatkan pihak pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published.